Taman Suropati – Inspirasi Sketching

Menteng dulunya disebut sebagai “kota taman” pada era kolonialisme Belanda karena merupakan pinggiran kota yang dirancang sebagai taman. Menteng sendiri memiliki banyak taman yang seru untuk dikunjungi, seperti Taman Menteng, Taman Kodok, Taman Lembang, dan Taman Suropati. Dari sekian banyak taman tersebut, Taman Suropati menjadi taman favorit saya.

Taman Suropati dalam Sketsa
Taman Suropati dalam Sketsa

Taman Suropati pada mulanya bernama Burgermeester Bisschopsplein, dan merupakan sebuah lapangan yang melingkar, dibangun pada tahun 1912. Arsiteknya bernama PAJ Moojen yang juga terkenal sebagai arsitek pengembang kawasan Gondangdia.

 

Apa aja sih yang seru di Taman Suropati? Menurut sejarah, dulu di sekitar taman ini dibangun beberapa gedung gedung penting. Sekarang gedung-gedung lama itu masih berdiri dan bahkan masih difungsikan, sehingga tidak terbengkalai. Sebut saja antara lain gedung BAPPENAS yang dulunya merupakan loji vrijmetselaarij (freemasonry), lalu ada Gereja Paulus yang memiliki fungsi sama, rumah Kedubes AS yang dijaga sangat ketat, dan Museum Naskah Proklamasi.

Selain gedung-gedung bersejarah di sekitarnya, beberapa kegiatan di dalam taman juga membuat Taman Suropati sangat menarik. Tiap akhir pekan, beberapa komunitas dari berbagai bidang berkegiatan di taman. Misalnya, para pemusik yang bermain di  pojok taman dalam kelompok kecil sampai orkestra, lalu komunitas pencinta binatang seperti anjing dan reptil, dan tentu juga ada komunitas menggambar. Selain kegiatan komunitas tersebut, berbagai kegiatan keluarga dan kegiatan bersama teman teman juga menjadi hal yang menyenangkan, apalagi ditambah hadirnya banyak gerobak jajanan di sekeliling taman.

 Gambar 6     Gambar 7

Terakhir, nggak lupa ada foto kegiatan dari Sketchwalker yang lagi sketching di Taman Suropati.

 

Apapun yang kamu lakukan di Taman Suropati, baik itu menggambar, bermusik, dan lain-lainnya, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan taman ini.

– Nugraha Pratama –

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *