Sketching MRT Jakarta – Akhirnya Jakarta Punya MRT!

sketching mrt
Happy Sketchers at MRT Bundaran HI: Iqbal, Vira, Motulz, Arief, Aga, Agus, Yoso

Dari dulu saya iri dengan Singapura yang punya MRT.  Sering mengkhayal kalau Indonesia juga punya transportasi massa yang cepat seperti itu dan membuat mobilitas jadi lebih lancar. Gosip akan dibangunnya MRT di Jakarta sudah lama terdengar, tapi saya pikir itu cuma mimpi siang bolong aja. Eh, nggak tahunya, mulai tahun 2013 penggalian terowongan MRT benar-benar dilaksanakan! Woohoo!! I was so excited!

Sekarang, sudah sekitar 5 tahun pembangunan MRT dilaksanakan. Yang kerasa sih, masih dampak macetnya aja. Keluhan pengguna jalan, terutama di rute Jl. Sudirman sampai ke Lebak Bulus, makin terdengar. Tapi untungnya, keluhan ini sepertinya disertai juga dengan optimisme bahwa pembangunan MRT bertujuan untuk menjadikan Jakarta yang lebih baik.

Kemacetan yang semoga akan berkurang saat MRT sudah beroperasi.

Nah, ketika saya mengetahui bahwa khalayak umum bisa mengunjungi terowongan MRT yang sedang dibangun, langsunglah saya dan teman-teman, para sketcher, mendaftar! Mupeng banget deh, pengen sketching suasana pembangunan MRT, lengkap dengan terowongan beton bawah tanah, truk semen, bor raksasa, hingga para pekerja yang mondar-mandir pakai atribut proyek. Yang mana selama ini kami hanya bisa sketching bagian yang di luar saja seperti tiang-tiang pancangnya.

Pada Hari Kamis – 23 Maret 2017, akhirnya kami benar-benar mendapat giliran berkunjung ke lokasi pembangunan stasiun MRT di Bundaran HI. Girangnya bukan main! Terowongan ini sebenarnya sudah tersambung sejauh 6 km sampai area FX Mall, tapi yang kami kunjungi ini adalah terowongan CP-106, sekitar stasiun Bundaran HI. Di dalam site Bundaran HI ini kami turun ke bawah tanah kurang lebih 15 meter dan bisa masuk ke dalam tunnel paling jauh 30m. Hal tersebut dengan pertimbangan di lokasi itu banyak pekerja yang hilir mudik. Waktu yang diberikan pun hanya 2 jam karena selain sudah ada antrean rombongan pengunjung lain. Di bawah tanah sana memang nggak dianjurkan untuk berlama-lama karena kondisi udaranya yang tipis.

Dikarenakan pagi itu hujan besar, sehingga dari 10 orang sketcher yang sudah konfirmasi hanya 7 yang benar-benar bisa datang. Tapi, nggak masalah, karena masih ada kesempatan lain kali untuk berkunjung dan sketching di lokasi pembangunan MRT Jakarta, asalkan daftar sesuai prosedur.

Menurut saya pribadi, kunjungan ke lokasi pembangunan MRT itu kebijakan yang bagus, karena dengan melihat langsung, kita jadi percaya bahwa MRT ini beneran akan ada di Jakarta! Sehingga dengan begitu, semoga transportasi di Jakarta benar-benar akan menjadi lebih baik.

Berikut ini suasana sketching dan beberapa sketsa hasilnya.

Happy tapi masih pengen sketching lagi di stasiun MRT yang lain

Berikut cuplikan pemandangan proyek MRT Jakarta di site Bundaran H.I. (CP-106):

Ditulis oleh : Vira Tanka – IG : viratanka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *