Sketching di Gang Gloria, Glodok

Kota Tua sering menjadi tujuan favorit untuk berlibur di Jakarta. Di Kota Tua, kita bisa berwisata untuk mengenal sejarah Batavia sebelum menjadi seperti sekarang. Tapi sebelum ke sana, coba deh bangun lebih pagi untuk mampir ke kawasan Gang Gloria. Gang ini terletak nggak begitu jauh dari Kota Tua, bahkan bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 15-20 menit. Kalau naik TransJakarta, kamu bisa berhenti di halte Glodok.

gang gloria
Sketching di Gang Gloria

Gang Gloria ini terletak di Jalan Pancoran, Glodok, dan merupakan kawasan yang sudah lama menjadi perkampungan warga keturunan Tionghoa. Kawasan ini sangat terkenal dengan kuliner yang disajikan untuk sarapan. Saya biasa ke sini jam 6 pagi sambil bersepeda untuk berbelanja kue-kue, makanan berat untuk sarapan, dan es kopi yang tersaji di sepanjang Gang Gloria. Varian makanan yang dijajakan juga bermacam-macam, dari kudapan seperti chicongfan, lumpia, kwotie, baso goreng, kue bulan, siomay, mipan, hingga makanan berat seperti nasi tim, nasi campur, nasi hainam, bakmi campur, mi ayam, sekba, bektim, dan pi oh.

Mayoritas warga keturunan Tionghoa yang tinggal di Glodok terbiasa dengan sarapan di luar rumah, jadi sering sekali saya berbagi meja dengan mereka. Mereka sangat ramah dan terbuka untuk ngobrol bareng. Jadi selain kenyang saya pun bisa mengenal Glodok lebih jauh dari cerita orang-orang yang secara acak berbagi meja dengan saya.

Jam 6 adalah waktu terbaik untuk mencoba atmosfer sarapan di Gang Gloria karena semakin siang pedagang mulai tutup satu-persatu menjelang makan siang. Saya sarankan sebaiknya kamu tidak membawa mobil ke sana saat weekend karena lumayan susah untuk cari parkir. Mungkin kamu bisa mencoba naik kendaraan umum. Banyak kok kendaraan umum yang melewati kawasan ini. Bisa juga kamu naik motor, atau yang seru bisa bersepeda seperti saya, karena kawasan ini sangat menarik untuk dikelilingi.

 

Hampir setiap akhir pekan saya sarapan di Gang Gloria, mungkin lain kali kita bisa berjumpa dan sketching atau sekadar ngobrol bareng di sana. Sampai jumpa!

 

Photos are captured by : Nugraha Pratama, Adya Maulana

Text by : Nugraha Pratama

2 Comments Add yours

  1. wow keren kak kegiatannya.. bermanfaat sekali.
    dan bagus banget kak hasil gambar sketchnya 🙂

    1. Sketchwalker says:

      😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *