Sekarang Saatnya Sketching di Semarang

Setelah berbulan-bulan persiapan tibalah saatnya kami sketching bareng di Semarang. Walau kami berangkat ke Semarang berbeda jadwal, namun kami sudah lama berencana untuk sketching dan foto-foto bareng di Semarang.Sejak awal kami sadar bahwa Semarang memang memiliki banyak sekali obyek yang menarik untuk di sketching. Selain pesona Kota Lama-nya, klenteng Sam Poo Kong, dan masih banyak sekali obyek bagus juga kegiatan pasar-pasar yang atraktif sekali. Dari semua obyek menarik di Semarang ini kami pun sampai kebingungan untuk memilih obyek yang akan kami sketch, karena ketertarikan masing-masing dari kami memang berbeda satu dengan lainnya.  Sementara Semarang menyajikan semuanya lengkap sekali, mulai dari bangunan heritage, pasar, interaksi dan aktivitas manusia, juga kuliner dan seni budaya.

Acara International Semarang Sketchwalk 2016 (ISSW2016) ini merupakan kali pertamanya acara sketching bertaraf internasional yang digelar bertajuk sketchwalk. Berlangsung dari tanggal 25 sampai 28 Agustus dengan peserta hampir mencapai 400 orang sketcher dari berbagai negara. Seperti halnya hajatan sketchwalk sebelum-sebelumnya, ajang seperti ini selalu menjadi daya tarik kami untuk bertemu para sketcher kondang dan sketcher yang piawai dengan skill teknik pena maupun cat air. Selain itu tentu misi foto bareng pun menjadi perhatian penting juga bagi kami.

Setelah jadwal dari kami semua terkumpul barulah kami sadar bahwa beberapa dari kami seperti Sheila dan Seto harus bergegas lebih awal ke Jogja. Sementara Vira baru bisa tiba di Semarang Sabtu pagi, maka rencana untuk foto bersama pun gagal lagi 🙂

Semarang memang terkenal panas, namun bagi kami yang gemar sketching ini kondisi matahari di Semarang ini justeru memberikan manfaat, yaitu hampir semua obyek yang akan kami sketch menjadi cukup mendapatkan cahaya dan bayangan yang kontras. Terlebih lagi saat menjelang sore matahari Semarang mulai merona, warna jingga kemerahan seolah sengaja diberikan agar kami makin berani dan liar menggoreskan warna-warna cat air. Sebuah perayaan bagi kami yang gemar bermain-main warna.

Walaupun kami gagal foto bareng bersama, namun kami semua berhasil merekam suasana dan obyek Semarang dalam sketsa kami. Kapan lagi kami bisa bersenang-senang sambil bersketsa di Semarang jika tidak sekarang?

Semoga di lain waktu Semarang mengadakan lagi hajatan sketching bersama, baik tingkat internasional atau cukup nasional saja. Terima kasih untuk para sketcher Semarang, panitia, dan semua teman-teman sketcher dari berbagai kota dan negara. Tidak lupa Sketchwalker juga ingin berterima kasih kepada Nasmoco Semarang atas dukungan mobil Toyota All New Innova-nya dan Citilink dengan harga tiket paket murahnya ke Semarang. Semoga kerjasama dan dukungan ini bisa berlanjut lagi bahkan bisa lebih di kemudian hari.

(Foto milik : koleksi komunitas)

***

Citilink
Citilink
Nasmoco Semarang
Nasmoco Semarang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *