Cerita Odie “ProjectPop” Kali Pertama Ikutan LiveSketching

Agustus akhir 2016

Pertama kali denger kata ISSW2016, gua sama sekali nggak kebayang event apaan tuh. International Semarang Sketcwalk 2016. Walaupun sebelumnya pernah liat foto-foto dan segala macem kegiatan di hajatan sejenis di sosmed, yang kalo gak salah diadain di Bandung sama Singapore, tapi sama sekali gua gak kebayang aslinya kayak gimana.
Nah, karena pengaruh “gank” baru gua ini – Sketchwalker – (FYI, gua sebagai newbie dalam dunia sketching dan gambar-gambaran ini, secara tiba-tiba diajak masuk ke dalam grup WA mereka, yang notabene mereka jago semua di bidang ini. Tapi ya cuek ajalalah, itung-itung nambah ilmu) gak tau kenapa kok tiba-tiba gua udah daftar online ISSW2016 ini, beli tiket pesawat dan booking hotel di Semarang.

Singkat cerita, sampailah gua di Semarang, dan berkumpulah gua (dan temen-temen Sketchwalker ini) barengan sama para sketcher dunia. Kenapa gua bilang dunia karena ini emang event internasional. Yang ikut gak cuman peserta dari Indonesia aja. Disitulah gua ngerasa asing. Dimana semua orang kayaknya saling kenal atau minimal tau itu siapa ini siapa, karena ternyata berdatanganlah tokoh-tokoh penting atau master-master sketcher dari berbagai penjuru dunia. Jujur gua mah gak tau itu mereka siapa. Tapi ya sudahlah, gua mah ngikut aja ini event mau kayak gimana.

Nah, pas pembukaan, ternyata masih harus nunggu ibu wakil walikota Semarang yang katanya masih otw menuju venue, para peserta udah kumpul bareng, nah disinilah gua liat gokilnya para sketcher ini. Mereka tuh emang sama sekali gak bisa “diem”. Gak bisa liat ada kesempatan atau waktu dikit aja, tangannya gatel langsung urek-urek sketchbook atau kertas atau apalah yang mereka (pasti) bawa. Coret-coret bentar tau-tau udah jadi gambar crowd suasana disitu, atau gambar wajah-wajah orang di sekitar situ. Disitulah gua bengong. Kok ya bisa mereka ngegambar secepet itu dan dalam kondisi di mana pun juga, beda ama gua yang kalo nggambar harus anteng dan tenang di meja gak bisa ada gangguan.

Ternyata eh ternyata, event ini nyuruh kita buat live sketch on location di lokasi-lokasi yang emang udah ditentuin, nah notabene gua gak terlalu mahir buat begini2an nih. Ya udah kita coba deh.

Temen-temen Sketchwalker gua ini juga gak kalah gokil, mereka semua juga “beraksi” dengan cara dan style masing-masing. Gua ya bengong-bengong aja. Dan mencoba ikutan nggambar deh. Biar gak nampak bego. Masing-masing dari mereka sangat produktif, beres 1 gambar, mereka langsung pindah lokasi dan mulai menggambar lagi. Waduh… Sementara gua.. nggambar di pojokan jalan. Berisik sama suara kendaraan yang lewat plus udara sore itu panas banget, jujur, gua gak nyaman nggambar dalam kondisi kayak gitu. Nah.. alhasil.1 gambar gua, dengan kondisi yang menurut gua ‘penuh tekanan’ itu akhirnya jadi juga. 1 gambar Gedung Spiegel yg menurut gua sih gagal total. Haha..

Karena bete, gua akhiri aja hari itu dengan ngadem nongkrong di cafe.

Gua balas dendam sih malemnya. Gua  gambar lagi tuh gedung Spiegel, Gereja Blenduk dan beberapa obyek interest lainnya di kamar hotel. Memang sih jadinya nggak livesketch, yang konon katanya kalo digambar berdasarkan dari foto,itu gak sah. Tapi.. what the heck. Gua kan gak tau teori-teori gituan. Gua kan nggambar buat fun dan kesenengan gua sendiri. Gambar ya gambar gua ini.

Lagian jujur, gua kan sekolaannya nggak ada nyambung-nyambungnya ama bidang gambar. Lah, rata-rata mereka semua ini kalo nggak arsitek ya anak seni rupa dan sejenisnya. Lah gua? Anak Fakultas Sosial Politik. Tapi ya sudahlah. Yang penting gua fun karena nggambar ini menurut gua kayak ‘meditasi’, ngasah fokus dan konsentrasi, jadi kadang kalo lagi iseng gak perlu oprek-oprek HP.

Itu sedikit curcol dan pengalaman gua ikutan ISSW2016. Gua nggak bakat nulis euy, jadinya ya kayak gini aja. Tapi, above all, gua seneng dan cinta banget ama lingkungan baru gua ini, Sketchwalker. Gua ngerasa kayak punya saudara baru yang asik2an semua dan yang penting, mereka nggak pelit ilmu.
Jreng deh..

W. Rudi “Odie” Astadi
Nama sosmed : @SiOdie
1996 – sekarang Alhamdulillah masih di ProjectPop. Heheheh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *