CAKALELE : KEINDAHAN, POLITIK DAGANG, DAN GENOSIDA

Keindahan di tengah keganasan, siapa sangka di antara ganasnya laut Banda terdapat permata Nusantara berupa kepulauan kecil bernama Kepulauan Banda. Terdiri dari sepuluh pulau vulkanik yang memiliki tanah sangat subur, dikelilingi laut yang sangat eksotis, dan gunung Banda Api yang masih aktif.  Lirik lagu Kolam Susu dari Koes Plus saya rasa cukup menggambarkan seperti apa…

Bogor Jadi Kota Pertama Workshop Keliling “101 Travel Sketch”

Bogor, Sabtu pagi itu tiba-tiba macet mulai dari pintu keluar tol Jagorawi sampai seputaran Kebun Raya Bogor. Ya.. Sabtu pagi itu ada acara pembukaan kegiatan workshop keliling “101 Travel Sketch”, yaitu workshop belajar sketching bareng yang sebagai kota perdananya diadakan di Bogor. Hebatkan?

Lincah dan Gesit si Kora-Kora asal Banda

Persis di sebelah tempat kami biasa nongkrong  – The Nutmeg Tree Resort and Dive, terlihat sebuah perahu yang gagah dengan ornamen yang memukau. Sebuah perahu dayung dengan panjang kurang lebih 10 meter berbentuk mirip seperti kano namun lebih menyempit. Inilah perahu asli Banda!

Serunya Sketchwalk di Kota Ambon dan Banda Neira

Ambon adalah salah satu kota yang jadi impian kami untuk melakukan kegiatan sketchwalk di sana. Hanya saja untuk mencapai Ambon tentulah butuh perencanaan matang karena pergi dengan rombongan tidaklah mudah dan murah. Namun keindahan Kota Ambon terus memikat dan membulatkan tekad kami untuk berkunjung ke sana.

Tips Untuk yang Sering Merasa Gambarnya Jelek

Hai.. I’m back. Udah lama nih gak cerita2 alias sharing soal kegiatan gambar menggambar atau orang2 bilang sketching atau istilah lokalnya nyekét.  Orang-orang pada komen, plus atau minus komen buat gambar2 gua tuh gua sangat hargai. Ya namanya juga sosial media. Ada yang bilang skrg gua udah jadi pelukis lah, atau ada juga yang (ini…

Sketching di Bengkel Pesawat Garuda Indonesia

Senin (19 Desember 2016) pagi, pukul 07.00.. grup WhatsApp Sketchwalker sudah riuh. Saya, Yandi, Sheila, Artyan, dan Nino sedang bersiap harus meluncur ke kawasan bandara internasional Soekarno-Hatta. Bukan mau travelling, tapi ada kegiatan yang seru! apa itu?

Sketching di Gang Gloria, Glodok

Kota Tua sering menjadi tujuan favorit untuk berlibur di Jakarta. Di Kota Tua, kita bisa berwisata untuk mengenal sejarah Batavia sebelum menjadi seperti sekarang. Tapi sebelum ke sana, coba deh bangun lebih pagi untuk mampir ke kawasan Gang Gloria. Gang ini terletak nggak begitu jauh dari Kota Tua, bahkan bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar…

Cerita Odie “ProjectPop” Kali Pertama Ikutan LiveSketching

Agustus akhir 2016 Pertama kali denger kata ISSW2016, gua sama sekali nggak kebayang event apaan tuh. International Semarang Sketcwalk 2016. Walaupun sebelumnya pernah liat foto-foto dan segala macem kegiatan di hajatan sejenis di sosmed, yang kalo gak salah diadain di Bandung sama Singapore, tapi sama sekali gua gak kebayang aslinya kayak gimana.

Gowes Dari Bandung Ke Semarang Demi Sketching

Ketika terpikir untuk melakukan satu hal gila dalam hidup dan tiba tiba ada teman yang memiliki keinginan yang sama, jangan pernah lagi untuk berpikir dua kali, alias “sikat!!”. Itu yang terjadi ketika salah satu teman di forum penggiat urban sketching bernama Ichsan Harja secara tiba tiba mengajak untuk bersepeda dari Bandung ke Semarang.

Sekarang Saatnya Sketching di Semarang

Setelah berbulan-bulan persiapan tibalah saatnya kami sketching bareng di Semarang. Walau kami berangkat ke Semarang berbeda jadwal, namun kami sudah lama berencana untuk sketching dan foto-foto bareng di Semarang.